Contoh Bisnis

By

Beberapa contoh bisnis

 

Contoh Bisnis

Contoh Bisnis

Sebelum saya memberikan contoh bisnis kepada anda, ada hal penting yang akan saya sampaikan untuk anda, yaitu bahwa untuk memulai sebuah bisnis, modal awal yang anda butuhkan adalah : Hasrat atau keinginan yang kuat untuk anda berhasil di dalam bisnis.

Kenapa ini saya tekankan, karena pada kenyataannya apapun contoh bisnis (ide bisnis) yang akan anda jalankan, percayalah tidak ada yang instant, ada banyak hal yang harus anda lewati, dan tanpa keinginan yang kuat anda akan berhenti dan cari-cari ide lagi begitu seterusnya.

Jadi mantapkan hati anda bahwa anda harus berhasil, bila penting teriakkan…SAYA HARUS BERHASIL !!! YES !!! biarkan kata-kata itu merasuk kedalam hati anda yang terdalam, kalau sudah begitu, saya yakin apapun bentuk ( contoh bisnis ) yang akan anda jalankan kemungkinan besar akan berhasil :-)

Intinya adalah  anda harus punya suatu alasan kuat  kenapa anda melakukan bisnis, temukan “why” nya dulu dan bukan “how” nya  :-)

Baiklah tanpa bermaksud menggurui anda, berikut akan saya  sebutkan beberapa contoh bisnis yang bisa  anda pertimbangkan :

A. Keahlian

Banyak orang menyepelekan kemampuan, pengetahuan maupun keahlian yang dia miliki sehingga ia tidak bisa melihat peluang yang dia punyai.

Sebagai contoh sederhana, dan saya sudah melihat dengan mata kepala sendiri, ada seorang ibu tetangga saya, dia pintar memasak, apa yang dia lakukan? Cukup simple setiap pagi dia meletakkan sebuah meja di depan rumahnya dan dia hanya menyediakan sarapan pagi untuk warga sekitar yang tidak sempat masak untuk sarapan pagi, dan kalau saya taksir, dia memiliki pelanggan setia kira-kira 20 KK, katakanlah 1 KK membeli 2 porsi, dia menghargai 1 porsinya 6.000, maka omsetnya setiap pagi adalah : 40 x 6.000 = Rp 240.000,- J katakanlah laba kotor yang dia peroleh kira-kira 15% maka setiap pagi dengan gampangnya si Ibu mendapatkan penghasilan ±  Rp 36.000,- dan saya perhatikan jam 8.30 si Ibu sudah kembali membereskan mejanya dan dia sudah mengantongi penghasilan tambahan.

Sekarang coba renungkan apa yang anda bisa ? mulailah dari hal yang sederhana, kata kuncinya adalah layani orang lain dengan keahlian anda .

B. Uang

Anda punya cukup uang ? tapi anda tidak tahu harus diapain ? percaya ngga percaya ada banyak orang punya uang tapi ngga tahu mau diapain, mungkin anda salah satunya :-) ha…ha…

Saya punya seorang teman,  sewaktu dia dapat pesangon dari perusahaan tempat dia bekerja, dia tidak menyimpan uangnya di bank. Apa yang dia lakukan ? dia mencari orang yang punya niat untuk buka usaha, dia mengajak kerjasama dengan seseorang yang punya tempat yang strategis untuk persewaan play station, anda tahu ? dengan modal 1 set TV & PS kira-kira Rp 2.600.000,- mereka sepakat setiap bulan teman saya menerima Rp 300.000,- dan teman saya membeli sekitar 5 set artinya dia mengeluarkan modal 5 x Rp 2.600.000=Rp 13.000.000,-  dan setiap bulan dia menerima Rp 1.500.000,- maka tidak sampai 1 tahun dia sudah balik modal, tapi passive incomenya jalan terus  :-) . Teman…percayalah ! ada banyak orang diluar sana yang punya potensi untuk diajak kerjasama dalam menjalankan sebuah usaha dengan kita sebagai pemodalnya, sehingga uang kita ngga nganggur !!!

C. Relasi / Koneksi

Ada banyak orang tidak sadar bahwa orang-orang yang kita kenal atau daftar nama orang-orang berpengaruh yang kita kenal juga merupakan sebuah potensi untuk melakukan sebuah bisnis.

Ada seorang yang saya kenal yang bekerja dalam sebuah perusahaan jasa maintenance sebuah pabrik PMA yang cukup besar, dan dia kenal banyak dengan orang-orang penting dalam pabrik tersebut, mulai dari engineer lapangan, manager lapangan dan juga oraang-orang bagian purchasing / pengadaan. Apa yang dia lakukan ? dia membuat sebuah perusahaan kecil (CV) di bidang general supplier, dan dia menyuplai berbagai macam kebutuhan pabrik tersebut, dan hasilnya sangat lumayan.

Sebenarnya apa inti dari usaha orang tersebut ? Intinya ada di Relasi / Kenalan orang dalam yang dia kenal, dan itu tidak ada hubungannya dengan KKN, kenapa?  anda tahu perusahaan PMA tentunya mereka memiliki ISO, dan setiap pembelian barang-barang pasti ada perbandingan harga, apa yang membuat usahanya lancar, yaitu ada orang-orang yang dia kenal yang memberikan informasi penting.

D. Dan lain sebagainya

:-) :-) Ha…ha…Ya !! hanya itu yang bisa saya bagikan disini mengenai contoh bisnis, semoga anda juga bisa menambahinya, dan mungkin juga mendapatkan sebuah inspirasi untuk mendapatkan sebuah ide bisnis.

Ingat yang terpenting adalah…temukan “why” nya dulu dan bukan “how” nya  :-) karena saya percaya begitu anda menemukan “why” nya maka apapun bisnis/usaha yang anda jalankan pasti sukses, Amin !!!

Sukses Untuk Anda :-)

Mungkin Anda tertarik dengan : Pengertian Bisnis

Author : http://revolsirait.com

Related Articles:

  • Ketika kita ingin mengajukan suatu permohonan tertulis tentunya kita harus membuat sebuah surat permohonan, namun demikian banyak orang tidak tahu bagaimana membuat sebuah surat permohonan yang ba ...

  • Ketika Anda ingin menawarkan suatu barang maupun jasa secara resmi (official) tentulah Anda harus membuat surat penawaran harga secara tertulis serta distempel dan tanda tangan. Namun ada banyak o ...

  • Sebagai seorang ibu rumah tangga tentunya ibu adalah seorang penolong bagi suami bukan ? penolong disini termasuk dalam hal keuangan, baik itu mengelola keuangan ataupun merangkap membantu sang su ...

  • Banyak orang mengira bahwa e bisnis sama dengan e commerce, tapi ternyata eh ternyata  E bisnis tidak sama dengan e commerce, wah jadi malu nih :-) setelah googling sana-sini...eh ternyata ada per ...

  • Bagi anda pemula dalam memulai usaha, anda tentunya lebih tertarik menjalankan bisnis modal kecil, betul ? :-) atau bagi anda yang bermodal kecil tentunya juga akan memulai bisnis modal kecil. ...

Custom Search


SocialTwist Tell-a-Friend

Leave a Reply

*

OfficeFolders theme by Themocracy